Brajamusti iku Cinta mbi Pasoepati


Gambar terkait 
“Bal-balan kok isine mung tawuran ae”  Sambil mengambil gorengan tempe gembus yang sudah di bakar sama mbah Darmo, Sapron ngeluh berita di koran yang sedang dibacanya. Malam ini di HIK mbah Darmo tampak sepi, hanya ada Sapron dan Parlan. Hujan sore tadi sepertinya memberi keengganan sebagian untuk keluar rumah.

Suporter PSIM cen Afu kok lik, isine mung gawe ribut ae” sahut Parlan.

Parlan adalah pemuda yang duduk di kelas 2 STM Swasta di kota Solo, wajahnya tampak besengut, maklum kemarin dia ikut dalam tour ke Bantul untuk mendukung tim kebanggaannya PERSIS Solo dan harus mutar-muter lewat Gunung Kidul karena ada penghadangan yang berujung bentrok di daerah Prambanan.

Gak wani metu kandang kuwi lik, wanine nang kandang tok” sambung Parlan masih dengan emosi.
Wani metu ngetan, genah entek wi lik” sambungnya.

Sapron dan mbah Darmo mendengarkan omongan dari Parlan, mendapat cerita langsung dari saksi mata kejadian, berita di koran terasa sudah tidak menjadi menarik rasanya. Mereka berdua ingin mendapatkan detail suasana sebenarnya yang mungkin bisa Parlan berikan, bukan deskripsi formal membosankan seperti yang tertulis dalam koran.

Entek piye Lan?” tanya mbah Darmo mencoba ikut dalam pembicaraan. Wajahnya tampak serius, tertarik juga rupanya mbah Darmo.

Entek mbah, musuh Pasoepati ki ngeri, Bonek wae ngasi njaluk ngapuro” Jawab Parlan mantap sambil mengambil sebatang rokok 76 dalam toples tempat biasa mbah Darmo menaruh rokok dagangannya. Ngobrol di HIK memang paling enak rokok kretek, bisa ngobrol lama dan rokok tetap awet, rugi tentunya kalau di HIK beli rokok mild apalagi disambi ngobrol.

Lha bukane karo supporter PSIM ki wis suwe Lan, kok ora njuk ngapuro ngapuro kuwi suportere, berarti luwih sangar timbang Bonek no Lan?” Tanya Sapron yang memang sedikit tahu tentang sepak dari koran yang dibacanya.

Lha suportere PSIM kuwi gak tahu tour ngetan lewat Solo kok Lik, wanine nang kandang tok, mulane gak pernah ngrasakne lewat Solo.” Jawab Parlan semakin emosi, ada rasa harapan suporter PSIM gantian yang lewat daerah Solo, tetapi sepertinya mustahil.

Mbah Darmo manggut-manggut, mencoba mengerti posisi kedua suporter yang sedang menjadi obrolan pelanggannya itu.

Nak lewat gantian arep mbok bales ngono po piye Lan?” tanya mbah Darmo.

Genah mbah, tak sambut dengan meriah genti hahahaha” Parlan menghembuskan asap rokoknya sambil tampak bangga, imajinasinya sudah kemana-mana, membayangkan ribuan Pasoepati menyambut tour suporter PSIM melewati Solo kemudian menghajarnya hingga kocar-kacir.

Owalah cah enom, hobine gelut” kata mbah Darmo membuyarkan imajinasi dari Parlan.

Harga diri mbah, gak trimo aku” Timpal Parlan.

Wis gak ono entek e nak bales-balesan ngono, entuk-entukane opo njukan?” mbah Parlan berdiri, membuka bungkusan teh untuk bikin cem-ceman.

Parlan mbesengut, dalam hati ingin dia berkata kepada mbah Darmo “ngertimu opo mbah-mbah, rung tau dadi suporter we sok ngandani!

Tapi nak tak gagas, asline Brajamusti ki suporter sing sayang mbi Pasoepati” celetuk Sapron.

Mbah Darmo masih menuang air panas ke teko tempat cem-ceman, Parlan menunduk memaikan rokoknya, meski terkesan tidak tertarik tapi sebenarnya mereka ingin tahu maksud yang rasanya kontra dengan kejadian yang sebenarnya. Jalanan semakin sepi, jam masih pukul sepuluh malam, mungkin hujan tadi sore membuat orang-orang jadi enggan keluar dan memilih lekas tidur nyaman dalam selimut. Iwan yang biasanya sering nongkrong di HIK, malam ini sedang mancing di waduk Gajah Mungkur Wonogiri, katanya kalau habis hujan banyak ikan. Mbah Gondo juga tidak kelihatan, mungkin takut masuk angin, tadi sore dia pesan jahe panas kemudian pulang ke rumahnya, pamitan gak ngetok arep turu gasik.

Sayang piye lik?” tanya Parlan penasaran.

Parlan sepertinya ingin mendengar jawaban dari lik Sapron, tukang becak yang biasa nongkrong di pasar Gede ini memang kadang suka bikin analisa ngaco sak karepe dewe.

Lha gak sayang piye, wong tiap datang ke Jogja mesti sing sibuk mikir kedatangan Pasoepati ya mung Brajamusti, di rewangi rembugan meh nyegat ngendi, mengko nak lewat dalan liyo yo kudu tetep ono penyambutan ra ketang o ora meriah pokok e ojo ngasi Pasoepati dewean nang dalan. Pirang-pirang bengi sedurunge lewat wis di gawekne kumbokarnan, rapat meh gawe penyambutan model piye, di gawakne opo, awan di ewangi gak kerjo mung go nyambut Pasoepati. Yo po ra ?”

Parlan tampak berpikir, sepertinya ada benarnya juga omongan lik Sapron.

Kuwi suportere PSS sing ireng-ireng kuwi mbiyen, BTS?”

BCS Lik” Parlan tertawa mendengar BCS jadi BTS.

Nah iku, kuwi wae ora sekonsisten ngono nyambut Pasoepati, bedo to nak karo Brajamusti?”

Parlan manggut-manggut.

Kuwi sing diarani cinta sejati Lan, tak lekang oleh waktu hahahaha

Mbah Darmo dan Parlan ikut tertawa, sepertinya memang begitu, Parlan membayangkan jika tidak ada Brajamusti, mungkin semua Tour akan terasa hambar, tidak ada kenangan, tidak ada sesuatu yang mungkin bisa jadi Folklor untuk anak cucu.

Gerimis mulai turun, suaranya rendah terdengar saat mengenai terpal HIK mbah Darmo. Parlan mulai mengajak hitungan, takut pulang kehujanan karena sepertinya dia juga mulai merasa masuk angin setelah pulang dari tour kemarin, dia tidak memakai jaket dan harus pulang lewat Wonosari malam-malam.
Sampun mbah, sego bandeng kalih, teh anget setunggal, gorengan e tigo, kalih rokok e sekawan.”


Komentar

  1. Piye-piye momong wong tuo ki soyo angel, nak gak sabar karo pinter nelateni ki yo bakal gampang uring-uringan mbah e.
    Kudu bakoh, piye-piye kuwi isih simbah mu le :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sugeng Rawuh ten HIK Mbah Darmo